"SELAMAT BERSUA PADA LAMAN KAWAN, JIKALAU ADA YANG KURANG PATUT MOHON DILEBIHKAN DENGAN KOMENTAR ANDA YANG KONSTRUKTIF DAN JIKALAU BERLEBIH SANGAT MOHON DIAMARKAN LAH KEPADA KAWAN"

Minggu, 03 Oktober 2010

SEKILAS MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM YANG PERNAH BERLAKU DI INDONESIA


I.                    KURIKULUM TAHUN 1952

Diterbitkan Kementrian Pengajaran dan Kebudayaan
Bernama “Rencana Pelajaran Terurai”

NO
MATA PELAJARAN
KETERANGAN
1
Bahasa Indonesia
  • Bercakap-cakap
  • Membaca
  • Bahasa
  • Mengarang
·         UUD 1945 dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan.

·         Tujuan pendidikan dan pengajaran diarahkan untuk membentuk manusia susila yang cakap dan warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab bagi kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

2
Bahasa Daerah
3
Berhitung
  • Hitung angka
  • Hitung soal
  • Ilmu bangunan
  • Mencongak
4
Ilmu Alam
5
Ilmu Hayat
  • Ilmu Tubuh Manusia
  • Ilmu Tumbuh-tumbuhan
  • Ilmu Hewan
6
Ilmu Bumi
7
Sejarah


II.                  KURIKULUM TAHUN 1964

Diterbitkan Direktorat Pendidikan Dasar/Prasekolah Departemen PP dan K
Bernama “Rencana Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar”.

NO
MATA PELAJARAN
KETERANGAN
1
Perkembangan Moral
  • Pend. Kemasyarakatan
  • Pend. Agama/Budi pekerti

·         Tujuan Pendidikan ialah membentuk manusia Pancasila dan Manipol/Usdek yang bertanggung jawab antara lain atas terselenggaranya masyarakat adil dan makmur, materil dan sprituil.

·         Sistem Rencana Pendidikan dikenal dengan Sistem Pancawardana atau lima aspek perkembangan.

·         Semua pelajaran diberikan dengan cara 
Kelas I  -  II 26 jam/ming @ 30 menit.
Kelas III-VI 36 jam/ming @ 40 menit

·         Selain pelajaran tersebut terdapat kegiatan lain yang disebut “KRIDA” hari untuk berlatih khusus diberikan kepada murid sesuai dengan minat dan bakatnya (kebudayaan, kesenian olah raga dan permainan)
2
Perkembangan Intelegensi
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Daerah
  • Berhitung
  • Pengetahuan Alamiah
3
Perkembangan Emosional Artistik
  • Seni Suara/Musik
  • Seni Lukis/Rupa
  • Seni Tari
  • Seni Sastra/Drama
4
Perkembangan Keprigelan
  • Pertanian/peternakan
  • Industri kecil/Pekerjaan Tangan
  • Koperasi/Tabungan
  • Keprigelan  dll
5
Perkembangan Jasmaniah
  • Pendidikan Jasmani
  • Pendidikan Kesehatan

 

III.                KURIKULUM TAHUN 1968

Diterbitkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Bernama “Kurikulum SD”

NO
MATA PELAJARAN
KETERANGAN
1
Pembinaan Jiwa Pancasila
  1. Pend. Agama
  2. Pend. Kewargaan Negara
  3. Pend. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Daerah
  5. Olahraga

·         Tujuan Pendidikan didasarkan kepada falsafah Pancasila.
·         Tujuan Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia Pancasila sejati berdasarkan ketentuan –ketentuan seperti yang dikehendaki oleh pembukaan dan isi UUD 1945.
·         Semua mata pelajaran diberikan kecuali Bahasa Indonesia diberikan baru di kelas III.
·         Dikelas I & II digunakan bahasa pengantar bahasa daerah.
·         Jumlah jam pelajaran per-minggu
Kelas I – II   28 jam  @  30 menit
Kelas III-VI 40 jam  @  40  menit
2
Pembinaan Pengetahuan Dasar
  1. Berhitung
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Pend. Kesenian
  4. Pend. Kesejahteraan Keluarga
  5. Ilmu Kesehatan
3
Pembinaan Kecakapan Khusus
  1. Kejuruan Agraria
    • Pertanian
    • Peternakan
    • Perikanan
  2. Kejuruan Tekhnik
·         Pekerjaan tangan
·         Perbengkelan
  1. Kejuruan Ketatalaksanaan atau jasa
·         Koperasi
·         Tabungan

IV.                KURIKUM TAHUN 1975

Diterbitkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Bernama “Kurikulum SD Tahun 1975”


No

Mata Pelajaran
KELAS
I
II
III
IV
V
VI
1
Agama
2
2
2
3
3
3
2
Pend. Moral Pancasila
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
8
8
8
8
8
8
4
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
2
2
2
2
5
Matematika
6
6
6
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam
2
2
3
4
4
4
7
Olahraga dan Kesehatan
2
2
3
3
3
3
8
Kesenian
2
2
3
4
4
4
9
Ketrampilan Khusus
2
2
4
4
4
4

JUMLAH

26
26
33
36
36
36

  • Tujuan Umum Pendidikan Nasional adalah membentuk manusia pembangunan yang berpancasila dan membentuk manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsdanya dan mencintai sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam UUD 1945.
  • Menganut pendekatan yang berorientasi kepada tujuan, pendekatan integratif, pendekatan sistem dan pendekatan ekosistem.

V.                  KURIKULUM TAHUN 1984

Diterbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No: 0461/U/1983
Bernama Kurikulum SD Tahun 1984

No
Mata Pelajaran
KELAS
Ket.
I
II
III
IV
V
VI
1
Pend. Agama
2
2
2
2
2
2

2
Pend. Moral Pancasila
2
2
2
2
2
2

3
Pend. Sejarah Perjuangan Bangsa
1
1
1
1
1
1
Pada cawu III
4
Bahasa Indonesia
8/7
8/7
8/7
8/7
8/7
8/7
C.I-II:8/C.III:7
5
Matematika
6
6
6
6
6
6

6
Ilmu Peng. Sosial
-
-
2
3
3
3

7
Ilmu Peng, Alam
2
2
3
4
4
4

8
Olahraga dan Kesehatan
2
2
3
3
3
3

9
Pend. Kesenian
2
2
3
4
4
4

10
Ketrampilan Khusus
2
2
4
4
4
4

11
Bahasa Daerah
(2)
(2)
(2)
(2)
(2)
(2)
Bagi yg ada

JUMLAH


26
(28)
26
(28)
33
(35)
36
(38)
36
(38)
36
(38)


  • Pendidikan berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha Esa, kecerdasan dan ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
  • Pengembangan kurikulum berorientasi pada landasan teori yaitu pendekatan proses belajar mengajar yang diarahkan agar murid memiliki kemampuan untuk memproses perolehannya.

VI.                KURIKULUM TAHUN 1994

Diterbitkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Dengan Keputusan Mendikbud No. 060/U/1993 dan No. 60/U/1993 dan beberapa kali telah diimplementasikan.
Bernama “Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 1994

No
Mata Pelajaran
KELAS
I
II
III
IV
V
VI
1
Pend. Pancasila & Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
2
Pend. Agama
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
10
10
10
8
8
8
4
Matematika
10
10
10
8
8
8
5
Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
3
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
3
5
5
5
7
Kerajinan Tangan & Kesenian
2
2
2
2
2
2
8
Pend. Jasmani & Kesehatan
2
2
2
2
2
2
9
Muatan Lokal
2
2
4
5
7
7

JUMLAH

30
30
38
40
42
42

  • UU No.2/1989 : Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan banngsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, ksehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  • Menerapkan sistem catur wulan dengan jumlah hari efektif dalam satu tahun ajaran sekurangnya 240 hari termasuk waktu ujian.

0 komentar:

Posting Komentar